Realisasi Program Dinas Sosial Kota Jambi dalam Membentuk Mental dan Keterampilan Anak Jalanan (Kajian Terhadap Program Tahun 2017-2018)

Jenia, Elvi Wahyu (2019) Realisasi Program Dinas Sosial Kota Jambi dalam Membentuk Mental dan Keterampilan Anak Jalanan (Kajian Terhadap Program Tahun 2017-2018). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ELVI_WAHYU_SENIA_15052105_5121_2019.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana realsisasi program yang dilakukan Dinas Sosial kota Jambi dalam membentuk mental dan keterampilan anakjalanan pada tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling, beberapa informan penelitian yaitu Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Anak dan Lanjut Usia Dalam Dinas Sosial kota Jambi dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja kota Jambi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data diperoleh dari wawancara dan diinterpretasikan secara kualitatif, berupa abstrak, kata-kata dan pemyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi program Dinas Sosial kota Jambi dalam membentuk mental dan keterampilan anak jalanan kajian program tahun 2017-2018 dapat dikatakan sudah cukup baik dan berusaha namun kurang maksimal dalam melaksanakan pembinaan anak jalanan karena masih ada bimbingan yang belum terealisasikan dengan baik. Dalam program ini anak jalanan diberikan empat bentuk bimbingan yaitu bimbingan mental, fisik, sosial, dan keterampilan namun bimbingan keterampilan yang belum terealisasikan dengan baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya kerja sama antara Dinas Sosial kota Jambi dengan masyarakat sehingga program ini terkesan tidak berkelanjutan. Dinas Sosial kota Jambi melakukan sosialisasi ke sekolah dan kemasyarakat bertujuan untuk mencegah kenakalan anak serta memperingati kepada seluruh orang tua untuk terns memperhatikan anaknya dan memberi tahu kepada seluruh orang tua untuk tidak mempekerjakan anak dibawah umur. Guna mencegah anak turun kejalanan pemerintah melalui Dinas Sosial kota Jambi juga memberi bantuan untuk anak jalanan baik dalam bentuk uang ataupun kebutuhan yang diperlukan dalam membuka usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:35
Last Modified: 17 Mar 2020 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item View Item