Meningkatkan Keterampilan Tata Rias Fantasi Melalui Teknik Modeling Bagi Anak Tunarungu Kelas X (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Perwari Padang) Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP

Ayuningsih, Sisi (2019) Meningkatkan Keterampilan Tata Rias Fantasi Melalui Teknik Modeling Bagi Anak Tunarungu Kelas X (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Perwari Padang) Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SISI_AYUNINGSIH_15003071_5305.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di kelas X tunarungu di Perwari Padang. Pembelajaran rias wajah yang diajarkan dengan tema merak biru pada anak tunarungu, terlihat pada proses pembelajaran anak sulit mengikuti langkah-langkah dengan melihat video sehingga langkah-langkah yang dilakukan anak tidak sesuai dengan langkah-langkah yang tepat serta guru tidak menguasai rias fantasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan rias wajah fantasi merak biru melalui teknik modeling pada anak tunarungu. 2) membuktikan apakah melalui teknik modeling dapat meningkatkan keterampilan rias wajah fanrtasi merak biru bagi anak tunarungu kelas X di SLB Perwari Padang.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dan guru kelas. Sebagai subjek penelitian satu orang anak tunarungu kelas X dan satu orang guru kelas. Data diperoleh melalui observasi, dan tes perbuatan. kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian setelah diberikan tindakan menunjukkan bahwa kemampuan awal sebelum tindakan keterampilan rias wajah fantasi oleh siswa berinisial R 30% sedangkan setelah adanya tindakan pada akhir siklus I kemampuan R meningkat 64%. Pada siklus II kemampuan R meningkat menjadi 95%. Masing-masing siklus diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan teknik modeling dapat meningkatkan keterampilan rias wajah fantasi merak biru pada anak tunarungu kelas X di SLB Perwari Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item