Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII Inklusif SMPN 23 Padang.

Khairani, Eliza Octa (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VII Inklusif SMPN 23 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ELIZA_OCTA_KHAIRANI_15031008_311_2019.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar peserta didik di kelas inklusif saat proses pembelajaran IP A berlangsung dimana aktivitas siswa masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA di kelas inklusif SMPN 23 Padang. J enis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan menggunakan rancangan Control-Group Only Desaign. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 23 Padang Kelas VII2 sebagai Kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 32 orang (dengan 3 peserta didik ABK) dan Kelas VII3 dijadikan sebagai Kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 32 orang (dengan 2 peserta didik ABK). Instrumen yang digunakan dalam dalam penelitian ini berupa angket aktivitas belajar peserta didik yang berisi item-item pemyataan yang disusun sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai aktivitas belajar peserta didik dengan diawali melakukan uji normalitas dan uji homogenitas, sehingga pada akhimya dilakukan dengan uji t(t-test). Nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata aktivitas belajar peserta didik kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas eksperimen 76,41 dan nilai rata-rata kelas kotrol 70,08. Hasil uji hipotesis data aktivitas belajar peserta didik kelas sampel thitung 2,67 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Hal ini berarti bahwa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh positif terhadap peningkatan aktivitas belajar peserta didik. KataKunci: Snowball Throwing, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26175

Actions (login required)

View Item View Item