Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kokedama Melalui Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VII Bagi Anak Tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu

Septriani, Yazvi (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kokedama Melalui Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VII Bagi Anak Tunarungu di SLB Luak Nan Bungsu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YAZVI_SEPTRIANI_15003141_5363.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VII B SLB Luak Nan Bungsu Kota Payakumbuh pada dua orang anak tunarungu yang mengalami permasalahan dalam proses pembeleajaran keterampilan yaitu belum terampil dalam membuat kokedama. Peneliti tertarik untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut melalui pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas yang merangkap sebagai guru keterampilan yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membuat kokedama melalui pembelajaran Discovery Learning mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari persentase nilai anak LS mengalami peningkatan dari kemampuan awal 35,19%, siklus I 70,37% dan siklus II 85,19%. Sedangkan kemampuan awal DR mendapatkan presentase sebesar 42,59%, siklus I 83,33% dan siklus II 92,59%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran membuat kokedama bagi anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item