Efektivitas Teknik Generalisasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Reseptif Bagi Anak Autisme di kelas Individual SLB Autisma YPPA Padang

Zara, Zemi Virda (2019) Efektivitas Teknik Generalisasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa Reseptif Bagi Anak Autisme di kelas Individual SLB Autisma YPPA Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ZEMI_VIRDA_ZARA_15003034_5692.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang keterampilan bahasa reseptif anak autisme. Diawali dengan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas individual SLB Autisma YPPA Padang, dimana satu orang siswa berinisial X yang mengalami permasalahan dalam mengenal anggota tubuh dengan pertanyaan yang lebih sederhana. Penelitian digunakan penelitian single subject research (SSR) dengan desain A-B-A kondisi baseline (A1) yaitu kemampuan awal keterampilan bahasa reseptif anak sebelum diberikannya perlakuan. Kondisi baseline (B) kondisi diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik generalisasi, dan baseline kedua (A2) setelah diberikan perlakuan. Targeret behaviornya yaitu kemampuan melakukan bahasa reseptif. teknik analisis data nya yaitu menggunakan analisis visual dan grafik. Pada kondisi baseline (A1) untuk meningkatkan keterampilan bahasa reseptif dengan mean level pada generalisasi stimulus 43,75, mean pada generalisasi tempat 56,25 dan mean pada generalisasi penguji 56,25. Pada kondisi intervensi (B) dengan mean level pada generalisasi stimulus 64,06, mean pada generalisasi tempat 65,62 dan generalisasi penguji 65,62. Pada (A2) dengan mean level pada generalisasi stimulus 96,25, dan mean level pada generalisasi tempat 96,25 dan pada mean level generalisasi penguji juga 96,25. Hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki estimasi kecendrungan arah, kecendrungan stabilitas, jejak data dan perubahan level yang menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan bahasa reseptif menggunakan teknik generalisasi yaitu meningkat positif. Presentase overlapedata pada kondisi baseline (A1) 0%. Dan pada kondisi (A2) adalah 0,125%. Dengan demikian hipotesis diterima berarti teknik generalisasi dapat meningkatkan kemampuan keterampilan bahasa reseptif bagi anak autisme di kelas individual SLB Autisma YPPA Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item