Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tas Makrame pada Anak Tunarungu di SLB Bina Bangsa (Penelitian Tindakan Kelas SLB Bina Bangsa Padang)

Salma, Yuliza (2019) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Tas Makrame pada Anak Tunarungu di SLB Bina Bangsa (Penelitian Tindakan Kelas SLB Bina Bangsa Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YULIZA_SALMA_15003081_5004.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan dikelas VIII SLB Bina Bangsa Padang pada siswa tunarungu, Peneliti mengamati pembelajaran dikelas bahwa anak belum bisa membuat tas makrame terhambat pada pembuatan simpul pipih anak masih ragu-ragu. Dalam pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan penugasan serta belum diberikan latihan secara berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan keterampilan membuat tas makrame. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan rekfleksi. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai kolaborator dan guru kelas sebagai pelaksana. Penelitian ini memakai metode drill untuk meningkatkan keterampilan membuat tas makrame. Hasil penelitian pada kondisi awal yaitu 32%. Setelah dilaksanakan siklus I hasil pertemuan keempat 83%. Hasil siklus II anak sudah bisa 91%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan membuat tas makrame pada anak tunarungu di SLB Bina Bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26171

Actions (login required)

View Item View Item