Analisis Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Nurhayati, Nurhayati (2019) Analisis Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NURHAYATI_15045053_5041_2019.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara penerapan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan kesadaran lingkungan siswa yang masih minim. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi; 2) mengetahui faktor penentu pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi dan 3) mengetahui upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk meningkatkan kredibilitas data, peneliti melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pembelajaran geografi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP belum berbasis lingkungan hidup. Faktor penentu pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi diantaranya ialah sarana dan prasarana sekolah, dukungan kepala sekolah, kerja sama dengan pihak lingkungan, dan kerja sama antar guru geografi. Faktor lainnya yaitu ketidaksiapan guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis lingkungan hidup. Tidak ditemukan upaya guru dalam mengatasi hambatan yang terjadi karena guru hanya fokus pada kesadaran lingkungan siswa, bukan pada perencanaan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:01
Last Modified: 17 Mar 2020 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item