Efektivitas Pemanfaatan Edmodo dalam Pembelajaran Geografi pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Kelas X IPS SMAN 7 Padang

Sari, Maya Kumala (2019) Efektivitas Pemanfaatan Edmodo dalam Pembelajaran Geografi pada Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan Kelas X IPS SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MAYA_KUMALA_SARI_15045023_5499_2019.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan edmodo dalam pembelajaran geografi pada materi Pengetahuan Dasar Pemetaan kelas X IPS SMAN 7 Padang ditinjau dari minat belajar siswa, keterlibatan belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experimental Design). Teknik analisis data 1) Analisis deskriptif persentase digunakan untuk menganalisis minat dan keterlibatan belajar siswa, 2) Analisis statistik inferensial digunakan untuk menganalisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar siswa Kelas X IPS SMA N egeri 7 Padang dalam pembelajaran geografi menggunakan model discovery learning dengan pemanfaatan media edmodo berada pada kategori tinggi dengan persentase 76,80 %. 2) Keterlibatan belajar siswa dalam pembelajaran geografi menggunakan model discovery learning dengan pemanfaatan media edmodo berada pada kategori tinggi dengan persentase 70,87 %, sedangkan keterlibatan belajar siswa dalam pembelajaran geografi menggunakan model discovery learning tanpa media edmodo berada pada kategori rendah dengan persentase 62,28 %. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan perolehan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,33 sedangkan kelas kontrol sebesar 73,33. Hal ini didukung dengan pengujian hipotesis dengan perolehan tmtung > ttabel yaitu 4,789 > 2,000 dan Sig.< Sig.a (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan pemanfaatan edmodo cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengetahuan dasar pemetaan kelas X IPS di SMAN 7 Padang dengan perolehan N-Gain sebesar 58,84 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:00
Last Modified: 17 Mar 2020 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item