Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman

Sari, Indah Syafrina Yulia (2019) Persepsi Guru Tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDAH_SYAFRINA_YULIA _SARI_1304583_4215_2019.pdf

Download (570kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan penulis di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman yang menunjukkan masih belum optimalnya kompetensi kewirausahaan yang dimiliki oleh kepala sekolah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang bagaimana kompetensi kewirausahaan kepala sekolah pada Sekolah Dasar Negeri Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman, dalam hal: 1) Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah, 2) Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif, 3) Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah, 4) pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan populasi penelitian sebanyak 94 orang guru. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data diolah melalui analisis nilai rata-rata (mean). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari: (1) Kepala sekolah dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah berada pada kategori baik dengan capaian skor rata-rata 3,84. (2) Kepala sekolah dalam bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah berada pada kategori baik dengan capaian skor rata-rata 3,97. (3) Kepala sekolah dalam memiliki motivasi yang kuat sebagai pemimpin sekolah berada pada kategori baik dengan capaian skor rata-rata 3,96. (4) Kepala sekolah dalam memiliki sikap pantang menyerah dan mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah berada pada kategori baik dengan capaian skor rata-rata 3,94. Secara keseluruhan bahwa Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar Negeri Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang pariaman berada pada kategori baik dengan perolehan tingkat capaian 3,93.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:00
Last Modified: 17 Mar 2020 07:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item View Item