Analisis Sebaran Banjir Rob dan Dampaknya terhadap Ekonomi Masyarakat Kecamatan Sutera dan Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Pitri, Yulia Armi (2018) Analisis Sebaran Banjir Rob dan Dampaknya terhadap Ekonomi Masyarakat Kecamatan Sutera dan Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YULIA_ARMI_PITRI_15136035_5129_2019.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana sebaran banjir rob berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkuantitatifuntuk menganalisa data spasial sebaran banjir rob dan least square untuk analisis data pasang surut. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan lahan yang paling banyak tergenang banjir rob dengan kenaikan Im- 3m adalah kawasan perkebunan seluas 15,72 ha- 30,51 ha. Sedangkanjarak terjauh yang digenangi oleh banjir rob dengan kenaikan lm - 3m yaitu 796,35m- 895,44m yaitu berada di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian, banjir rob juga menyebabkan adanya pengaruh perubahan pendapatan masyarakatPenelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana sebaran banjir rob berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptifkuantitatifuntuk menganalisa data spasial sebaran banjir rob dan least square untuk analisis data pasang surut. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan lahan yang paling banyak tergenang banjir rob dengan kenaikan Im- 3m adalah kawasan perkebunan seluas 15,72 ha- 30,51 ha. Sedangkanjarak terjauh yang digenangi oleh banjir rob dengan kenaikan lm - 3m yaitu 796,35m- 895,44m yaitu berada di Nagari Surantih Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Kemudian, banjir rob juga menyebabkan adanya pengaruh perubahan pendapatan masyarakat yaitu sebesar 64% dari total responden. Masyarakat yang paling terdampak oleh banjir rob adalah masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan, petani, dan pedagang yaitu berupa menurunnya pendapatan, kerusakan bangunan, kerusakan lahan pertanian, kerusakan lahan perkebunan, kerusakan lahan sawah, dan kerusakan tanah. Kata Kunci : banjir rob; dampak ekonomi yaitu sebesar 64% dari total responden. Masyarakat yang paling terdampak oleh banjir rob adalah masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan, petani, dan pedagang yaitu berupa menurunnya pendapatan, kerusakan bangunan, kerusakan lahan pertanian, kerusakan lahan perkebunan, kerusakan lahan sawah, dan kerusakan tanah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:53
Last Modified: 16 Mar 2020 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item View Item