Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang

Luthfi, Farisha (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FARISHA_LUTHFI_15045006_5335_2019.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Negeri 7 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling yaitu teknik yang menghendaki adanya kelompok-kelompok dalam pengambilan sampel berdasarkan atas kelompok-kelompok yang bersifat homogen pada populasi. Dalam penelitian ini penentuan kelas sampel dengan mengambil kelompok sampel yang memiliki ciri-ciri yang sama dan mempertimbangkan hasil belajar siswa. Instrument penelitian berupa tes dalam bentuk soal objektif Multiple Choice Test (pilihan ganda), jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu hasil tes kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji beda (t-test) dengan a= 0,05 dan a= 0,01. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Hal ini berdasarkan kepada hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 4,972 dengan taraf signifikan (a) 0,05 dan (a) 0,01, didapatkan ttabel sebesar 1,665 dan 2,37, artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel• Hasil uji N Gain didapatkan kelas eksperimen mengalami peningkatan kecerdasan spasial dengan kategori sedang yaitu sebesar 0,465 dan kelas kontrol mengalami peningkatan kecerdasan spasial dengan kategori rendah yaitu sebesar 0,288.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:25
Last Modified: 16 Mar 2020 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item