Bentuk Penyajian Kesenian Madihin Dalam Pesta Perkawinan di Kota Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau

Tarmizi, Tarmizi (2016) Bentuk Penyajian Kesenian Madihin Dalam Pesta Perkawinan di Kota Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Riau. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_06_TARMIZI_96640_5675_2016.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Kesenian Madihin adalah salah satu kesenian yang sudah terkenal di kota Tembilahan dan masih bertahan hingga sampai saat ini di Kota Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Bentuk penyajian kesenian Madihin Pesta Perkawinan di Kota Tembilahan Kecamatan Tembilahan masih hidup dikalangan masyarakat Tembilahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif analisis. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri dengan dilengkapi alat tulis,kamera foto, handycame. Teknik Pengumpulan data tahap persiapan yaitu dengan studi kepustakaan dan mencari informan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan wawancara,wawancara berencana,dan wawancara mendalam,pengmat terlibat menyaksikan penyajian kesenian madihin pada upacara pesta perkawinan. Lalu direkam dengan video handycame. Data penyajian kesenian madihin diolah dan dianalisa,selanjutnya dideskripsikan kedalam bentuk Penyajian Kesenian Mdihin. Kesenian madihin salah satu kesenian tradisi yang ada di kcamatan Tembilahan. Kesenian Madihin salah satu rangkaian dari upacara pesta perkawinan yang berfungsi sebagai hiburan. Penyajian Kesenian Madihin pemainnya terdiri dari satu orang. Unsur pendukung kesenian Madihin ialah: seniman alat musik,lagu yang ditampilkan,kostum tatarias dan waktu pertujukan kesenian madihin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:25
Last Modified: 16 Mar 2020 03:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26112

Actions (login required)

View Item View Item