Rendahnya Motivasi Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam Belajar Musik Daerah Setempat (Minangkabau)

Pratama, Marta Eko (2016) Rendahnya Motivasi Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam Belajar Musik Daerah Setempat (Minangkabau). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_06_MARTA_EKO_PRATAMA_1106154_1836_2016.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya motivasi siswa SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam belajar musik daerah setempat (Minangkabau), padahal kemampuan guru yang mengajar, fasilitas belajar musik, dan kegiatan pendukung untuk belajar musik Minangkabau di SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan cukup tersedia. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam belajar musik daerah setempat (Minangkabau).Beberapa kajian teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori bidang pembelajaran, pengertian motivasi, musik daerah setempat (Minangkabau) dan pembelajaran musik daerah setempat di sekolah, dan beberapa hasil penelitian yang dianggap relevan dengan penelitian ini.Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis kualitatif, dalam bentuk deskriptif analisis. Objek penelitian adalah siswa kelas VII-3 yang akan mewakili siswa SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam penelitian ini, di mana penelitian dilaksanakan untuk empat kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian adalah catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan memang memiliki motivasi belajar yang rendah terhadap belajar musik daerah setempat (minangkabau) disebabkan oleh 4 faktor yaitu: (1) Faktor dari dalam diri siswa sendiri; (2) faktor guru dalam pembelajaran seni budaya; (3) faktor kebijakan sekolah dalam ekstrakurikuler dan lomba; dan (4) faktor lingkungan. Kesemua faktor ini menyebabkan rendahnya motivasi siswa SMP Negeri 2 Painan Kabupaten Pesisir Selatan dalam belajar musik Minangkabau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:24
Last Modified: 16 Mar 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26105

Actions (login required)

View Item View Item