Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Padang

Wulandari, Delvita (2016) Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_06_DELVITA_WULANDARI_1106144_2242_2016.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 2 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 2 Padang, dimana terdiri dari 25 orang siswa. Instrument penelitian ini adalah peneliti sebagai observer dan alat bantu sesuai dengan lembar observasi dan instrument hasil belajar. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Selanjutnya data dikumpulkan dengan teknik analisis data untuk diseleksi dan dianalisis kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 2 Padang dilakukan dengan dua metode, yaitu metode drill tekhnik inquiri dengan pendekatan imitasi dalam 6 kali pertemuan berjalan dengan baik. Langkah-langkah pengembangan diri ini dilakukan dalam bentuk kelompok beranggotakan lima sampai tujuh orang yang dipilih secara acak. Masing-masing anggota kelompok saling membantu satu sama lain dalam proses latihan secara terus-menerus dan berkelanjutan dalam mempraktekkan tari galombang. Siswa juga bersemangat dan termotivasi, hal ini dapat diihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada penilain pertama, kedua dan ketiga pada pertemuan 4,5 dan 6. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari tercapainya tujuan pembelajaran seni tari dengan aspek penilaian wiraga, wirama dan wirasa. Nilai rata-rata pada penilaian pertama adalah 70.2, pada penilaian kedua adalah 78.2, pada penilaian ketiga meningkat menjadi 86.2. Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada ketiga penilaian adalah 78.2 dengan kategori “baik sekali”. Penggunaan metode drill tekhnik inquiri dengan pendekatan imitasi dalam pengembangan diri ini membuat aktifitas belajar menarik sehingga siswa terpacu dan antusias untuk belajar tari galombang dan secara keseluruhan memperoleh nilai yang bagus, serta pada umumnya siswa mampu menarikan tari galombang dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 16 Mar 2020 01:36
Last Modified: 16 Mar 2020 01:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item