Pengaruh Number Sense terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kota Bukittinggi

Kardiadinata, Socha Sajatiningtresna (2019) Pengaruh Number Sense terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD di Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SOCHA_SAJATININGTRESNA_K_15011150_4986_2019.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Pengaruh number sense terhadap prestasi belajar matematika siswa SD di Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kontribusi atau pengaruh number sense terhadap prestasi belajar matematika siswa SD di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kota Bukittinggi dengan jumlah sampel sebanyak I 09 orang yang diambil dengan teknik cluster purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur tes number sense yang dikembangkan oleh Mcintosh dkk, sedangkan data variabel prestasi belajar matematika diambil dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan nilai R Square sebesar 0,059 dan p = 0,011 (p < 0,05) yang menunjukkan number sense berpengaruh sebesar 5,9 % pada prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:44
Last Modified: 13 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item View Item