Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Objek Lansung terhadap Keterampilan Menulis Teks Hasil Laporan Observasi Siswa Kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar

Hardiansyah, Hardiansyah (2016) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Objek Lansung terhadap Keterampilan Menulis Teks Hasil Laporan Observasi Siswa Kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_01_HARDIANSYAH_1100850_713_2016.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi siswa kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar sebelum mengunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek langsung. Kedua, untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis menulis teks hasil Laporan Observasi siswa kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar sesudah mengunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek langsung. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan Model Discovery Learning berbantuan media objek langsung terhadap hasil belajar menulis teks hasil Laporan Observasi siswa kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi adalah sebagai sekumpulan unsure atau elemen yang menjadi objek penelitian atau keseluruhan subjek penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IS SMA Negeri 2 Batusangkar yang terdaftar tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 180 siswa yang terdiri dari kelas lima kelas yaitu kelas X IS 1, X IS 2, X IS 3, X IS 4, X IS 5.Sedangkan sampel adalah bagian dari populasi yang diambil sebagai sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IS 1 yang berjumlah sebanyak 36 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling,dimana teknik perpuse sampling itu adalah suatu cara pengambilan sampel yang representative dari populasi. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi sebelum dan sesudah menggunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung terhadap keterampilan menulis teks hasil laporan observasi siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Batusangkar. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks hasil Laporan Observasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung.Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi sebelum menggunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung terhadap keterampilan m siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata 62,03. Kedua, pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi sesudah menggunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung terhadap keterampilan menulis siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Batusangkar berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan rata-rata 87,80. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif ( ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan karena thitung > ttabel, yaitu 6,01>1,67.Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Batusangkar sesudah menggunakanModel Discovery Learning berbantuan media objek lansung (rata-rata 87,80) lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung (rata-rata 62,03). Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung > ttabel, yaitu 6,01>1,67. Dengan kata lain, Model Discovery Learning berbantuan media objek lansung berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks hasil Laporan Observasi siswa kelas X IS 1 SMA Negeri 2 Batusangkar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:44
Last Modified: 13 Mar 2020 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26090

Actions (login required)

View Item View Item