Karakteristik Molekuler Jamur Trichoderma yang Diisolasi dari Rizo sfer Beberapa Varietas Padi ( Oryza sativa L.) di Sumatera Barat.

Ruchi, Widya (2019) Karakteristik Molekuler Jamur Trichoderma yang Diisolasi dari Rizo sfer Beberapa Varietas Padi ( Oryza sativa L.) di Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_WIDYA_RUCHI_15032044_557_2019.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Trichoderma merupakan jamur saprofit tanah yang bersifat antagonis terhadap jamur patogen tanaman. Isolasi dan identifikasi morfologi yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya telah berhasil menemukan 10 isolat Trichoderma yang berasal dari rizosfer beberapa varietas padi di Sumatera Barat. Karakter morfologi belum bisa memberikan kepastian spesies yang akurat karena beberapa jamur memiliki ciri morfologi yang sama. Untuk mendapatkan hasil identifikasi yang baik, perlu diverifikasi dengan metode identifikasi molekuler. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan spesies Trichoderma serta hubungan kekerabatannya dengan jamur lain secara molekuler. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Maret - November 2018 di Laboratorium Genetika dan Bioteknologi, Laboratorium Mikrobiologi, dan Laboratorium Penelitian Terpadu, Jurusan Biologi FMIPA UNP. Uji molekuler dilakukan dengan mengamplifikasi sekuen gen 18S rRNA. Hasil amplifikasi digunakan sebagai template untuk reaksi sekuensing. J enis Trichoderma ditentukan dengan metode BLAST-N pada situs NCBI. Hubungan kekerabatan ditentukan dengan mengkonstruksi pohon filogenetik menggunakan program MEGA 7.0.21. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi 4 jenis Trichoderma yaitu T. harzianum, T. koningiopsis, T. minutisporum dan T. reesei. Hubungan kekerabatan antara T. harzianum dan T. koningiopsis lebih dekat dibandingkan jenis Trichoderma lainnya, begitupun sebaliknya antara T. minutisporum dan T. reesei. Berdasarkan analisis filogenetik tidak ditemukan adanya pola tertentu yang menunjukkan Trichoderma mengelompok berdasarkan daerah asalnya. Kata Kunci: Trichoderma,Rizosfer Padi, ldentifikasi Molekuler, 188 rRNA. 5

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26084

Actions (login required)

View Item View Item