Hubungan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang Kabupaten Pes-Sel

Hafzhan, Muhammad (2018) Hubungan Kemampuan Motorik dengan Hasil Belajar Penjasorkes Siswa SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang Kabupaten Pes-Sel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUHAMMAD_HAFZHAN_16086440_2441.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Penjasorkes dipengaruhi oleh beberapa faktor yang tercakup dalam faktor internal dan faktor eksternal. Untuk dapat menigkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran penjasorkes salah satunya perlu ditunjang oleh tingkat kesegaran jasmani dan kemampuan motorik yang baik. Faktor kemampuan motorik sangat mempengaruhi siswa dalam melakukan aktivitas olahraga. Berdasarkan nilai semester I siswa putra kelas IV dan V SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang pada tahun ajaran 2017/2018 masih banyak terlihat nilai siswa yang berada bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Melihat dari hasil pembelajaran yang diperoleh siswa terlihat bahwa pembelajaran belum tuntas, mungkin hal ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti, kemampuan motorik, status gizi, kesegaran jasmani, motivasi, kurangnya sarana dan prasarana di sekolah, kurang tepatnya metode yang di gunakan oleh guru dalam proses pembelajaran serta Intelegensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemampuan motorik dengan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang, yang berjumlah 107 Siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu siswa kelas IV dan V putra saja dengan jumlah 14 Siswa. Teknik pengumpulan data kemampuan motorik siswa, diukur dengan tes lempar bola basket, lari cepat 4 detik, passing bola ke dinding dan lompat jauh tanpa awalan. Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan mengambil nilai rapor Juli-Desember 2017. Data yang diperoleh dianalisis dengan rumus korelasi product moment pada taraf signifikansi = 0.05. Berdasarkan hasil analisis data terdapat hubungan signifikan antara kemampuan motorik dengan hasil belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan siswa putera SD Negeri 37 Lubuk Gambir Kecamatan Bayang, dimana rhitung (0,624) > rtabel (0,532).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26083

Actions (login required)

View Item View Item