Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Yuliandri, Alfi (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Apresiatif Cerpen Dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_01_ALFI YULIANDRI_57846_2016.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga hal. Pertama, kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan ide dalam bentuk tulisan . Kedua, kurangnya kemampuan siswa dalam menggambarkan struktur teks cerita pendek yaitu orientasi, komplikasi dan resolusi. Ketiga, kurangnya kemampuan siswa dalam struktur bahasa dan kosa kata bahasa Indonesia, seperti ditemukannya kalimat-kalimat yang tidak efektif dan pilihan kata yang tidak tepat. Penelitian bertujuan untuk. Pertama, mendeskripsikan tingkat membaca apresiatif siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. dan ketiga mengetahui hubungan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerepen siswa siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja atau tes menulis. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data membaca apresiatif cerpen, sedangkan tes menulis atau unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen. Penganalisisan data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama,membaca apresiatif cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi kurang (41,70). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan berada pada kualifikasi hampir cukup (52,05). Ketiga, terdapat hubungan antara membaca apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan (0,35). Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa H1 diterima pada taraf signifikansi 95% dengan derajat kebebasan n-2 (35-2=33), di dapat ttabel 1,70 dan thitung 2,14. Hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara membaca apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26081

Actions (login required)

View Item View Item