Hubungan Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan

Utama, Mimit Putra (2018) Hubungan Status Gizi dan Tingkat Kesegaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MIMIT_PUTRA_UTAMA_14086357_6329.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang diduga disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya status gizi dan tingkat kesegaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan tingkat kesegaran jasmani secara bersama-sama dengan hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel secara purposive random sampling, yaitu diambil sampel sebesar 20%yang berjumlah 35 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengukur variabel status gizi dengan melakukan tes IMT. Untuk mengukur Kesegaran jasmani digunakan tes TKJI. Dan untuk hasil belajar dilakukan dengan mengumpulkan nilai rafor siswa semester Januari-Juni 2018. Hasil data dan pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari penelitian tersebut diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Terdapat hubungan yang berarti antara status gizi dengan hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan diperoleh r hitung (0,42) > r tabel (0,334) dan t hitung = 2,66 > t tabel = 1.692. 2) Terdapat hubungan yang berarti tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan diperoleh r hitung (0,49) > r tabel (0,334) dan t hitung = 3,23 > t tabel = 1.692. 3) Terdapat hubungan yang berarti antara status gizi dantingkat kesegaran jasmani secara bersama sama dengan hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan diperoleh r hitung (0,56) > r tabel (0,334) dan F hitung =7,31 > F tabel = 3,30. Akhirnya dengan hasil penelitian ini penulis menyarankan untuk kita semua agar dapat membantu memecahkan masalah yang ditemui dalam upaya meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, selain itu juga disarankan bagi siswa untuk dapat memiliki status gizi yang baik dan tingkat kesegaran jasmani guna menunjang hasil belajar penjasorkes siswa SMA Negeri 1 Bayang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item