Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Make a Match di Kelas V SD Negeri 21 PP A Solok.

PUTRI, TRIA YOWANDA (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Make a Match di Kelas V SD Negeri 21 PP A Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TRIA_YOWANDA_PUTRI_14129283_4149_2019.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam prosespembelajaran, RPP yang disusun guru memperlihatkan guru lebih aktif dari pada siswa, guru tidak menggunakan media pembelajaran, dalam proses pembelajaran siswa tidak diajak berfikir kritis dan mengeluarkan pendapat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan basil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Make a Match di kelas V SD Negeri 21 PPA Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian terdiri dari pelaksanaan dan pengamatan dalam pembelajaran IPS dengan model Make a Match. Teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 27 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil: a) RPP siklus I rata-rata 76,78% (B), siklus II 92,85% (A), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata- rata 79,68% (B), siklus II 84,37% (A), c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I rata-rata 76,56% (B), siklus II 87,5% (A), d) basil belajar siswa siklus I rata-rata 71,94 (B) siklus II 83,71 (SB). Dengan demikian penelitian dengan menggunakan model Make a Match meningkatkan basil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri 21 PPA Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26077

Actions (login required)

View Item View Item