Pengembangan Model Pembelajaran EXO OLO TASK untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Geografi

Nofrion, Nofrion (2019) Pengembangan Model Pembelajaran EXO OLO TASK untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Geografi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NOFRION_14169044_2412_2019.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah 1) aktivitas belajar didominasi oleh aktivitas belajar dasar yang belum mengacu kepada pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, 2) soal-soal yang disajikan dalam pembelajaran masih dalam level LOTS dan MOTS, 3) guru belum terlatih untuk membuat soal-soal HOTS serta 4) kolaborasi dalam pembelajaran masih rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa serta meningkatkan kualitas aktivitas belajar dalam pembelajaran Geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Model Pembelajaran EXO OLO Task beserta komponen-komponennya yang dikembangkan dengan model ADDIE yang terdiri lima tahapan yaitu 1) analisis, 2) disain, 3) pengembangan, 4) pelaksanaan dan 5) evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi produk, lembar praktikalitas produk, tes hasil belajar materi dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan serta lembar observasi aktivitas belajar. Uji Validitas dilakukan oleh empat orang pakar di bidang pembelajaran dan evaluasi, struktur dan tata bahasa, kegrafikaan serta keilmuan Geografi. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru Geografi serta dua kelas sampel dari dua sekolah yang berbeda yaitu SMA Pembangunan Laboratorium UNP dan SMAN 3 Padang. Data dianalisis dengan teknik presentase dan secara kualitatif. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dilakukan uji beda. Penelitian menghasilkan Model Pembelajaran EXO OLO Task yang memiliki empat sintak yaitu 1) penguatan konsep dengan kata kunci, 2) EXO Task (penyajian soal LOTS dan MOTS), 3) OLO Task (penyajian soal HOTS) serta 4) refleksi proses pembelajaran dengan format Three Ways Conference. Hasil uji validitas dan praktikalitas menunjukkan hasil sangat tinggi. Uji efektifitas membuktikan bahwa siswa yang belajar dengan model pembelajaran EXO OLO Task memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran lain/konvensional. Demikian juga dengan kualitas aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh siswa selama pembelajaran. Dampak pengiring dari penerapan model pembelajaran ini adalah munculnya semangat di kalangan siswa untuk saling peduli, saling berbagi dan berkolaborasi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran EXO OLO Task adalah model pembelajaran yang valid, efektif dan praktis untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran Geografi khususnya pada materi dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26074

Actions (login required)

View Item View Item