Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Peluang untuk Tingkat SMA Kelas XI Jurusan IPS

Rofika, Denny (2019) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Peluang untuk Tingkat SMA Kelas XI Jurusan IPS. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DENNY_ROFIKA_19627_4927_2019.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan informasi, desain produk, validasi dan revisi produk, dan ujicoba produk dan revisi produk tahap akhir.Kegiatan pada tahap pengumpulan informasi yang dilaksanakan meliputi wawancara dengan siswa dan teman sejawat, menganalisis buku matematika, menganalisis standar kompetensi dan kompetensi dasar materi peluang dan mereview literatur tentang modul dan pendekatan kontekstual.Berdasarkan hasil pengumpulan informasidirancang prototipe berbasis pendekatan kontekstual untuk materi peluang. Prototipe ini divalidasi oleh oleh 3 (tiga) orang pakar pendidikan matematika dan hasil validasi dijadikan bahan revisi prototipe. Kegiatan selanjutnya adalah ujicoba modul berbasis pendekatan kontekstual pada kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 1 Bunut dan diamati oeh dua orang observer. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Modul peluang yang dirancang sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar pendidikan matematika, 2). Penggunaan modul peluang dalam proses pembelajaran tidak mengalami hambatan yang berarti dalam arti praktis penggunaannyamenurut penilaian observer dan siswa, 3). Modul peluang sudah efektif yang ditunjukkan dari aktivitas dan motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran. Secara umum, modul berbasis pendekatan kontekstual ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran materi peluang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26070

Actions (login required)

View Item View Item