Pengaruh Penggunaan Multimedia Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMPN 40 Padang

Sri, Wahyuni (2019) Pengaruh Penggunaan Multimedia Prezi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMPN 40 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SRI_WAHYUNI_1300201_5190_2019.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan pada mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP Negeri 40 Padang terlihat proses pembelajaran masih kurang efektif dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang tidak berpengaruh positif terhadap proses belajar yang berakibat pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan multimedia Prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas IX di SMP Negeri 40 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan metode quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 40 Padang tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 3 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling dengan kelas IX1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX2 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 28 orang.Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan adalah tes hasil belajar dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembaran tes dan j awaban siswa. Data dianalisis menggunakan uji perbedaan (t-tes) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 79,29 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelompok kontrol 67,50. Perhitungan t- tes diperoleh t-hitung 4,5499 dengan t-tabel untuk taraf signifikan 0.05 adalah 2,000 sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terdapat hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia Prezi dengan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia Prezi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 40 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:30
Last Modified: 25 Oct 2022 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26065

Actions (login required)

View Item View Item