Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Handout terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP N 7 Padang

Aisyah, Bunga Rahmatul (2019) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Handout terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_BUNGA_RAHMATUL_ALLYAH_15004077_5169_2019.pdf

Download (392kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah di SMP N 7 Padang, pada mata pelajaran IPS sebagian besar siswa kelas VIII belum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Proses belajar mengajar yang masih teacher center serta penggunaan model dan strategi pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Handout terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasy experiment. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP N 7 Padang pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas VIII/5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII/6 sebagai kelas kontrol, masing-masingnya berjumlah 32 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian berupa data basil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Handout 86,05 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 80,83. Dengan demikian, penerapan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Handout berpengaruh secara signifikan terhadap basil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP N 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:30
Last Modified: 13 Mar 2020 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26063

Actions (login required)

View Item View Item