Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Komando Teknik Dasar Bulutangkis Terhadap Peningkatan Kemampuan Bermain Di Sekolah Menengah Kejuruan Padang

Ilham, Fatzli (2018) Terdapat Pengaruh Penggunaan Metode Komando Teknik Dasar Bulutangkis Terhadap Peningkatan Kemampuan Bermain Di Sekolah Menengah Kejuruan Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FATZLI_ILHAM_1203315_2493.pdf

Download (313kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar materi bulutangkis siswa SMK Taruna Padang yang diduga karena siswa belum menguasai teknik dasar permainan bulutangkis, seperti servis, lob dan smash. Banyak faktor yang dapat menyebabkan masalah tersebut, diantaranya adalah penggunaan metode komando. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode komando peningkatan hasil belajar materi bulutangkis di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Taruna Padang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dari beberapa orang siswa yang ikut dalam proses belajar mengajar materi bulutangkis. Dengan demikian sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 12 orang. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dengan rumus uji t sampel terikat. Hasil penelitian ditemukan bahwa Terdapat pengaruh penggunaan metode komando terhadap peningkatan hasil belajar materi bulutangkis di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Padang, dengan nilai t analisis atau thitung sebesar 20.68 lebih besar dari pada nilai ttabel 1.796. Selanjutnya pengaruh motode komando terhadap peningkatan kemampuan bermain bulutangkis siswa adalah sebesar 15,58. Hal ini diperoleh dari perbedaan nilai rata-rata (mean) tes awal sebelum diberi perlakuan penggunaan metode komando adalah sebesar 23,75 dan setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 39.33.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 13 Mar 2020 06:43
Last Modified: 13 Mar 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26061

Actions (login required)

View Item View Item