Analisis Standar Isi KTSP (2006) dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah SMA

Mulyani, Mulyani (2017) Analisis Standar Isi KTSP (2006) dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MULYANI_97118_2394_2017.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehadiran Kurikulum 2013 sebagai Kurikulum baru yang diberlakukan dalam pendidikan Indonesia sejak tahun 2014. Kurikulum memiliki beberapa komponen penting yaitu tujuan, materi, proses pembelajaran dan evaluasi. Perubahan dari KTSP ke Kurikulum 2013merupakan penyempurnaan dari komponen- komponen Kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat berbagai perbedaan dan persamaan Standar Isi KTSP dan Kurikulum 2013. Penelitian ini tergolong pada penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data adalah sumber primer, berupa dokumen KTSP (2006) dan Kurikulum 2013, serta pedoman pengembangan kurikulum yang dikeluarkan oleh Kemendikbud sebagai objek penelitian. Data diperoleh dengan menggunakan studi dokumen dan dianalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standar Isi KTSP dan Standar Isi Kurikulum 2013 memiliki perbedaan dan persamaan.perbedaan dan persamaan tersebut ditemukan pada aspek komponen Standar Isi, tingkat pengetahuan yang dicapai dan materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik. Untuk tingkat pengetahuan, sama-sama mengacu pada tingkat penetahuan yang dikemukakan oleh Bloom, yang terdiri dari Kognitif1 – kognitif6 (C1-C6). Perbedaannya terlihat pada tingkat pengetahuannya, pada kurikulum KTSP tingkat pengetahuannya kognitif1-kognitif5(C1-C5)sedangkan pada Kurikulum 2013 tingkat pengetahuannya kognitif1, kognitif5 dan kognitif6(C1, C5, dan C6). Persamaanya dari komponen Standar Isi adalah keduanya sama-sama berisi “kompetensi” yang ingin dicapai. Sementara perbedaannya adalah Standar Isi pada KTSP terdiri dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sedangkan pada Kurikulum 2013 terdiri dari Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Sementara untuk materi pembelajaran, perbedaan dan persamaannya terlihat pada ruang lingkup materi sejarah yang harus dipelajari oleh anak sama, perbedaanya terlihat pada kompenen yang ada pada masing-masing ruang lingkup materi pembelajaran tersebut. Berdasarkan temuan penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulkan bahwa Standar Isi KTSP dan Standar Isi Kurikulum 2013 memiliki persamaan dan perbedaan dalam tiga aspek, yaitu aspek Kompenen Standar Isi, tingkat pengetahuan yang dicapai , dan materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:28
Last Modified: 13 Mar 2020 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26023

Actions (login required)

View Item View Item