Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 28 Padang.

Risdiyanto, Tika Apriani (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 28 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_TIKA_APRIANI_RISDIYANTO_15031084_469_2019.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian di SMPN 28 Padang yaitu model pembelajaran yang kurang bervariasi, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta belum diterapkanya model pembelajaran yang bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran teams games tournament (TGT) bermuatan literasi sains pada materi sistem pemapasan di SMPN 28 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem pemapasan manusia kelas VIII SMPN 28 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 28 Padang yang terdaftar pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling, yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis pada penelitian ini diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai thitung 3,34 > ttabel 1,67, pada kompetensi sikap nilai thitung 1,84 > ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilan nilai thitung 1,85 > ttabel 1,67. Kesimpulan penelitian bahwa penerapan model TGT bermuatan literasi sains dapat meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas VIII SMPN 28 Padang. Kata kunci : Teams Games Tournament, Literasi Sains, Kompetensi Pengetahuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:27
Last Modified: 13 Mar 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item