Analisis Masalah Pembelajaran dan Tindakan Pemecahannya dalam Skripsi PTK Mahasiswa Pendidikan Sejarah FIS UNP

Delaila, Apriroza (2017) Analisis Masalah Pembelajaran dan Tindakan Pemecahannya dalam Skripsi PTK Mahasiswa Pendidikan Sejarah FIS UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_APRIROZA_DELAILA_1205984_1764_2017.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari fenomena banyaknya mahasiswa yang menulis Penelitin Tindakan Kelas untuk skripsi mereka. Namun belum adanya penelitian yang mengkaji skripsi PTK tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah apa saja yang dikaji dalam skripsi PTK mahasiswa dan apa tindakan pemecahan yang digunakan, serta bagaimana kecendrungannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Labor Jurusan Sejarah FIS UNP. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh skripsi PTK mahasiswa Jurusan Sejarah FIS UNP dari tahun 2007 sampai tahun 2016 yang berjumlah 44 skripsi PTK. Hasil penelitian yang didapat kemudian diolah dengan rumusan presentase. Dari hasil penelitian ini ditemukan 10 masalah yang dibahas dalam skripsi PTK, yaitu: masalah aktivitas belajar siswa (47,7%), minat belajar siswa (20,5%), kemampuan berfikir kritis siswa (4%), hasil belajar siswa (4,5%), motivasi belajar siswa (4,5%), pemahaman siswa dalam membaca buku teks (4,5%), kreativitas siswa (2,3%), pemahaman hubungan kausalitas (2,3%), kemampuan menginterpretasikan fakta (2,3%), dan kemampuan berfikir kronologis (2,3%). Sedangkan tindakan pemecahan yang digunakan dalam skripsi PTK ditemukan 7 jenis tindakan, yaitu: menggunakan model pembelajaran (38,63%), media pembelajaran (20,45%), strategi pembelajaran (13,64%), metode pembelajaran (13,64%), teknik pembelajaran (6,82%), pemberian tes (4,55%), dan bantuan konsep ilmu sosial (2,27%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masalah aktivitas belajar siswa merupakan masalah yang paling banyak dibahas dalam skripsi PTK. Model pembelajaran merupakan tindakan pemecahan yang paling banyak digunakan dalam skripsi PTK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:27
Last Modified: 13 Mar 2020 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26015

Actions (login required)

View Item View Item