Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang.

Putri, Dewi Ayu Lestari Eka (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Aktivitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DEWI_AYU_LESTARI_EKA_PUTRI_1301349_920_2019.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep adalah salah satu tujuan yang diharapkan dapat dikuasai dan dicapai peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan yang terlihat di lapangan belum seperti yang diharapkan. Hal ini juga terlihat di SMP Negeri 13 Padang, yaitu keikutsertaan peserta didik dalam menemukan dan memahami konsep belum optimal. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R dapat dijadikan solusi untuk permasalahan ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan model konvensional serta mengetahui perkembangan aktivitas belajar peserta didik. J enis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (quasi exsperimental research) dengan rancangan Static Group Design, dengan populasi peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, peserta didik kelas VIII8 kelas control dan peserta didik kelas VIII2 kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep, dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematika siswa diperoleh P-value = 0,004 kurang dari taraf nyata a = 0,05, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 13 Padang. Aktivitas belajar peserta didik yang belajar dengan model kooperatif tipe SQ3R juga meningkat. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe SQ3R terhadap pemahaman konsep matematika dan aktivitas belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 04:10
Last Modified: 12 Mar 2020 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

View Item View Item