Upaya Meningkatkan Kemampuan Collaboration Siswa pada Pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di SMA Negeri 1 Padang

Afia, Fahmi (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Collaboration Siswa pada Pembelajaran Sejarah dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament di SMA Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_FAHMI_AFIA_15046092_5815_2019.pdf

Download (815kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan collaboration siswa dalam pembelajaran ssejarah terutama pada kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang. Dalam pembelajaran sejarah terdapat beberapa kendala yang menyebabkan rendahnya kemampuan kerjasama siswa yaitu siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran berkelompok terutama dalam bertanya dan berpendapat, selain itu kurangnya penggunaan model yang bervariasi dalam pembelajaran sejarah. Untuk menghadapi permasalah tersebut peneliti menggunakan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran sejarah. Penelitian mt bertujuan untuk meningkatkan kemampuan collaboration/kerjasama siswa dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang. Penelitian ini juga bermanfaat bagi bahan masukan untuk guru terutama guru sejarah SMAN 1 Padang dalam menerapkan kemampuan collaboration/kerjasama siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilakukan dengan empat langkah penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Perencanaan berkaitan dengan persiapan dalam membuat RPP dan LKP serta instrumen penelitian, tindakan berkaitan dengan penerapan model dalam proses pembelajaran, observasi yaitu melakukan pengamatan terhadap kemampuan kerjasama siswa yang dilakukan oleh observer, dan refleksi merupakan kegiatan diskusi yang dilakukan untuk melihat kekurangan dan peningkatan yang terjadi pada setiap pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang pada semester Juli-Desember. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dengan empat indikator collaboration. Hasil penelitian dihitung dengan rumus pesentse P=(F/N)X100%. Presentase collaboration siswa pada siklus I sebesar 64,60% pada siklus II menjadi 84,80% naik sebanyak 20,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan collaboration/kerjasamasiswa di kelas XI IPA 9 SMAN 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:24
Last Modified: 12 Mar 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item