Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Polimer Sintetis dan Kabohidrat Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XII SMA/MA.

Farizka, Widya (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Polimer Sintetis dan Kabohidrat Berbasis Problem Based Learning untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_WIDYA_FARIZKA_14035056_849_2019.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Materi polimer sintetis dan karbohidrat merupakan bagian dari materi kimia yang dipelajari peserta didik kelas XII SMA/MA. Polimer sintetis dan karbohidrat penggunaannya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran peserta didik dapat diberikan masalah berdasarkan contoh dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah pada materi polimer sintetis dan karbohidrat serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), dan (4) disseminate (penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap uji validitas, dan uji pratikalitas. Instrumen penelitian berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktiksalitas yang dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Lembar validitas diisi oleh 2 orang dosen kimia, 2 orang guru kimia SMAN 4 Payakumbuh dan 1 orang guru kimia SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Lembar praktikalitas diisi oleh 3 orang guru kimia dan 25 orang siswa kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium UNP pada tahun ajaran 2018/2019. Basil uji validitas diperoleh dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Basil uji praktikalitas pada guru dan peserta didik masing masing kategori sangat tinggi. Kata kunci : polimer sintetis, karbohidrat, lembar kerja peserta didik, model 4-D, penelitian dan pengembangan (Research and Development), problem based learning.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:24
Last Modified: 12 Mar 2020 03:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25994

Actions (login required)

View Item View Item