Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T)

Haq, Syaiful (2019) Evaluasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SYAIFUL_HAQ_17138087_2614_2019.pdf

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya persentase lulusan PPG SM-3T Universitas Negeri Padang pada ujian Nasional utama PPG SM-3T yang hanya 41,26%, khususnya Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknik Bangunan hanya lulus 12%, dan terdapat berbagai permasalahan selama pelaksanaan program (hasil wawancara awal), serta belum dilakukannya evaluasi setelah dua tahun program itu berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pelaksanaan Program PPG SM-3T Prodi PTB Jurusan Teknik Sipil FT Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun 2017 menggunakan model evaluasi CIPP, sebab model CIPP dinilai sebagai model evaluasi yang tepat dan komprehensif untuk mengevaluasi program pendidikan. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Padang dan ditempat responden berada dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel digunakan teknik Total sampling. Prosedur penelitian yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 15 peserta PPG SM-3T 2017, mewawancarai 10 dosen Jurusan Teknik Sipil (Prodi PTB), dan mewawancarai 3 guru SMK N 1 Padang dan 2 Guru SMK 5 Padang yang terlibat program PPG SM-3T 2017. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi secara keseluruhan pada program PPG SM-3T sebesar 82,49% atau termasuk kategori baik. Adapun nilai terendah dari penelitian ini ialah pada variabel proses yaitu 79,51% (kategori cukup) yang berarti pelaksanaan program PPG SM-3T masih perlu penyempurnaan dalam hal prosesnya, khususnya terkait permasalahan yang paling mencolok yaitu berbedanya materi yang diberikan selama program dengan materi yang diujikan pada ujian Nasional utama program tersebut. Oleh sebab itu, apabila program ini dilanjutkan, maka perlu perbaikan untuk masa yang akan datang, terlebih berkaitan dengan hal meningkatkan komunikasi dan koordinasi penyelenggara serta seluruh aspek yang terlibat dengan program tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:23
Last Modified: 12 Mar 2020 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25993

Actions (login required)

View Item View Item