Persepsi Siswa tentang Perilaku Bullying di SMP Negeri 35 Padang

Pratiwi, lntan (2019) Persepsi Siswa tentang Perilaku Bullying di SMP Negeri 35 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_INTAN_PRATIWI_14006009_4774_2019.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Perilaku bullying merupakan perilaku yang menyakiti seseorang secara berulang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya siswa yang melakukan bullying kepada teman di sekolah, seperti mencubit, memukul, melempar, dan mengucilkan teman. Untuk mengatsi permasalahan tersebut, diperlukan pelayanan bimbingan dan konseling. Agar pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling berjalan efektif dan efisien perlu digambarkan secara akurat persepsi siswa tentang perilaku bullying. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang perilaku bullying. Secara khusus, bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang perilaku bullying dari aspek fisik, verbal, relasional, dan seksual. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah 296 siswa di SMP Negeri 35 Padang dan sampel 170 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket yang berbentuk skala Semantic Differential. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa berpersepsi perilaku bullying sangat tidak dibolehkan. Namun, dari beberapa item yang bervariasi, masih ada siswa ragu-ragu boleh atau tidak melakukan bullying. Implikasi dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai data untuk mengubah persepsi siswa yang menganggap perilaku bullying dibolehkan melalui layanan informasi, bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:47
Last Modified: 12 Mar 2020 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25991

Actions (login required)

View Item View Item