Pengembangan Modul Pendidikan Sadar Wisata bagi Pengelola Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat

Novalita, Rahmi (2019) Pengembangan Modul Pendidikan Sadar Wisata bagi Pengelola Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RAHMI_NOVALITA_15169048_6115_2019.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstract

Pengelola objek wisata berbasis masyarakat memiliki peran sangat strategis dalam mengelola serta memanfaatkan potensi lingkungan yang bersih, tertib, nyaman, aman, indah, sejuk, dan kenangan. Beberapa kendala yang dihadapi pengelola objek wisata berbasis masyarakat antara lain; Pertama, rendahnya pengetahuan tentang sadar wisata dan keterbatasan informasi pariwisata dalam menciptakan lingkungan yang bersih, tertib, nyaman, aman, indah, sejuk, dan kenangan. Kedua, keterbatasan bahan ajar bagi pengelola objek wisata berbasis masyarakat. Ketiga, keterbatasan sumber daya manusia dalam memberikan pembelajaran kepada pngelola objek wisata berbasis masyarakat. Penelitian ini bertujuan menguraikan langkah-langkah pengembangan modul pendidikian sadar wisata berbasis masyarakat menggunakan model pengembangan ADDIE, menguraikan validitas, praktikalitas dan efektifitas modul pendidikan sadar wisata bagi pengelola objek wisata berbasis masyarakat. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D. Subjek penelitian berjumlah 20 Orang dengan penetapan sampel dilakukan dengan teknik incidental. Desain penelitian one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data terdiri dari pedoman wawancara, angket, lembar observasi dan tes. Teknik analisa data menggunakan Gain-Skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, langkah-langkah pengembangan modul pendidikan sadar wisata berbasis masyarakat meliputi; analisis pengembangan modul pendidikan sadar wisata, merancang modul pendidikan sadar wisata, pengembangan modul pendidikan sadar wisata, penerapan modul pendidikan sadar wisata, dan evaluasi modul pendidikan sadar wisata. Kedua, Validitas modul pendidikan tergolong sangat valid. Ketiga, Praktikalitas tergolong sangat praktis. Keempat, Efektivitas modul tergolong sangat efektif. Temuan penelitian yaitu model pembelajaran menggunakan modul pendidikan sadar wisata berbasis masyarakat

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:47
Last Modified: 12 Mar 2020 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25990

Actions (login required)

View Item View Item