Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Haloalkana untuk Kelas XII SMA/MA.

Susanti, Mitra (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Materi Haloalkana untuk Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MITRA_SUSANTI_14035009_995_2019.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Haloalkana merupakan bagian dari senyawa karbon yang mempunyai gugus fungsi. Senyawa ini tersusun dari atom hidrogen, karbon, dan halogen. Materi haloalkana mempelajari tentang struktur, tata nama, isomer, sifat, sintesis, dan kegunaan senyawa haloalkana. Dalam pembahasannya terdapat keteraturan­ keteraturan yang saling behubungan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempelajari materi senyawa haloalkana adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah (problem based learning) dan menentukan tingkat validitas dan praktikalitasnya. Jenis Penelitian ini merupakan Research and Development (penelitian dan pengembangan) dengan menggunakan model pengembangan 4­D yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan), (4) disseminate (penyebaran) dan dibatasi sampai tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas yang dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Angket validitas diisi oleh dosen kimia dan guru kimia. Angket praktikalitas diisi oleh guru kimia dan peserta didik kelas XII SMAN 1 Ranah Pesisir. Dari hasil uji validitas diperoleh momen kappa dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas pada guru dan peserta didik masing­masing dengan kategori kepraktisan sangat tinggi dan tinggi. Kata kunci : haloalkana, lembar kerja peserta didik, problem based learning, penelitian dan pengembangan (Research and Development), model 4­D,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:47
Last Modified: 12 Mar 2020 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25989

Actions (login required)

View Item View Item