Pengembangan Penuntun Praktikum Morfologi Tumbuhan Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi IPTS Padangsidimpuan

Siregar, Rosniati (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Morfologi Tumbuhan Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi IPTS Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ROSNIATI_SIREGAR_1204145_4929_2019.pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan dosen dan mahasiswa di peroleh data bahwa dosen telah mengembangkan penuntun praktikum morfologi tumbuhan tetapi penuntun praktikum yang dikembangkan masih bersifat cook book. Dalam pelaksanaan kegiatan praktikum mahasiswa hanya melakukan langkah kerja sesuai dengan perintah akibatnya keterampilan sikap ilmiah mahasiswa tidak berkembang. Untuk menyikapi masalah tersebut maka dikembangkan penuntun praktikum berorientasi inkuiri terbimbing. Inkuiri terbimbing digunakan karena dalam pelaksanaan kegiatan praktikum mahasiswa berusaha menemukan sendiri pengetahuannya serta mengambil arah dan tindakan yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh dosen. Hal ini melatih keterampilan ilmiah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum yang valid, praktis dan efektif untuk mata kuliah morfologi tumbuhan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model plomp. Model ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: tahap investigasi awal, tahapan pengembangan dan pembuatan prototipe, dan tahapan penilaian. Pada tahapan investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, kurikulum, konsep, mahasiswa dan materi. Pada tahapan pengembangan dan pembuatan prototipe dilakukan perancangan penuntun praktikum, evaluasi diri, validasi penuntun praktikum oleh para ahli, evaluasi satu satu, dan evaluasi kelompok kecil. Tahap penilaian dilakukan evaluasi kelompok besar, uji praktikalitas dan uju efektivitas. Uji efektivitas dilakukan untuk melihat motivasi, aktivitas dan hasil belajar mahasiswa. Data efektivitas dikumpulkan melalui angket motivasi, lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah produk berupa penuntun praktikum morfologi tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing untuk mahasiswa pendidikan biologi di IPTS Padangsidimpuan. Penuntun praktikum yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas dan efektivitas. Nilai aspek validitas penuntun praktikum 95% kategori sangat valid, praktikalitas oleh dosen 85,22% kategori sangat praktis, praktikalitas oleh mahasiswa evaluasi satu- satu 90,9% kategori sangat praktis, praktikalitas oleh mahasiswa evaluasi kelompok kecil 97,7% kategori sangat praktis, praktikalitas oleh mahasiswa evaliasi kelompok besar 97,7% kategori sangat praktis, motivasi belajar 91,1% kategori sangat termotivasi, aktivitas praktikum 78,85% kategori aktif, dan hasil belajar rata- rata 91,1% kategori sangat efektif. Berdasarkan nilai tersebut berarti penuntun praktikum morfologi tumbuhan berorientasi inkuiri terbimbing yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:47
Last Modified: 12 Mar 2020 02:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item