Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Putri, Yulia Rahmadha (2019) Pengaruh Strategi Belajar Aktif Tipe Everyone Is a Teacher Here Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_YULIA_RAHMADHA_PUTRI_14029020_953_2019.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang hams dimiliki setiap peserta didik. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih rendah. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih terpusat pada guru. Upaya yang dapat dilakukan adalah melaksanakan strategi belajar aktif tipe ETH.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Pembangunan Laboraturium UNP. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Pembangunan Laboraturium UNP Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika dianalisis menggunakan uji-t Analisis hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik, diperoleh rata-rata skor peserta didk pada kelas eksperimen dan kontrol yaitu 20,07 dan 17, 78. Hasil uji hipotesis menunjukkan pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh p-value sebesar 0,007 atau tolak Ho, maka disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan strategi belajar aktif tipe ETH lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:11
Last Modified: 12 Mar 2020 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25968

Actions (login required)

View Item View Item