Model Pembelajaran Insert Nilai Religius dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMA Kota Padang

Suasti, Yurni (2019) Model Pembelajaran Insert Nilai Religius dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMA Kota Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_YURNI_SUASTI_1204403_6090_2019.pdf

Download (402kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang dan melihat validitas, praktikalitas dan efektifitas model pembelajaran Insert Nilai Religius untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Atas Kota Padang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE, meliputi analisis, design, development, implementataion, dan evaluation, tentang model pembelajaran Insert Religius untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada mata pelajaran Geografi di Kota Padang. Penelitian ini menemukan bahwa: 1) Pembelajaran geografi yang dilaksanakan di sekolah selama ini belum secara sistematis dan spesifik menginsertkan nilai-nilai religius untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. Pengembangan nilai-nilai religius yang dipahami oleh guru sebatas pengucapan salam, berdoa, pembacaan asmaul-husna dan ayat-ayat pendek. 2) Model pembelajaran Insert Religius yang dihasilkan mempunyai tingkat kevalidan yang tinggi, praktikalitas sangat praktis, dan efektivitas yang tinggi. Dengan demikian model pembelajaran Insert Religius valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:11
Last Modified: 12 Mar 2020 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25966

Actions (login required)

View Item View Item