Pengembangan Model Pelatihan Kepemimpinan Pimpinan Administratif Perguruan Tinggi Berbasis Action Learning

Sulastri, Sulastri (2019) Pengembangan Model Pelatihan Kepemimpinan Pimpinan Administratif Perguruan Tinggi Berbasis Action Learning. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SULASTRI_15169051_6145_2019.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan pada penelitian pendahuluan yang dilakukan pada pimpinan adminsitratif di Universitas Negeri Padang. Ada beberapa masalah yang ditemukan tentang kurang optimalnya kompetensi kepemimpinan pimpinan administratif dalam hal manajemen perubahan, manajemen konflik, komunikasi, pengambilan keputusan, team building, dan kemampuan meningkatkan kinerja. Disamping itu belum adanya kegiatan pelatihan yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan capacity building di perguruan tinggi terutama untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan pimpinan administratif tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) bagaimanakah kebutuhan pimpinan administratif perguruan tinggi terhadap model pelatihan kepemimpinan berbasis action learning? 2) bagaimanakah karakteristik model pelatihan kepemimpinan pimpinan administratif perguruan tinggi berbasis action learning yang valid, praktis, dan efektif? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sesuai dengan hasil preliminary research yang telah dilakukan, kemudian dilakukan pengembangan model melalui proses self evaluation, Focus Group Discussion (FGD), uji coba one to one dan uji kelompok kecil (Unviersitas Bung Hatta) dan uji kelompok besar (Universitas Negeri Padang). Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner, observasi dan angket. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisa menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menghasilkan 4 (empat) produk yaitu buku model, buku materi, buku panduan instruktur dan buku panduan peserta. Keempat produk tersebut dinyatakan sangat valid oleh ahli baik dari aspek konstruk, konten maupun kebahasaan sehingga layak digunakan. Hasil uji praktikalitas menunjukkan sangat praktis untuk keempat produk yan telah dikembangkan. Sedangkan uji efektivitas menunjukkan bahwa Model Pelatihan Kepemimpinan Pimpinan Administratif Perguruan Tinggi Berbasis Action Learning (Model PKPAPT-BAL) ini sangat efektif. Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Model PKPAPT-BAL ini sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:10
Last Modified: 12 Mar 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25964

Actions (login required)

View Item View Item