Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 25 Padang.

Safritry, Yosi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Bermuatan Literasi Sains Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_YOSI_SAFITRY_14031039_486_2019.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Permasalahan di SMPN 25 Padang yaitu kegiatan pembelajaran yang dilakukan hanya memiliki sedikit kesempatan untuk aktif dalam berkomunikasi antar sesama peserta didik, minat belajar peserta didik masih rendah, belum terdapat model pembelajaran bermuatan literasi sains, belum diketahui pengaruh model pembelajaran bermuatan literasi terhadap kompetensi belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompetensi belajar peserta didik melalui model pembelajaran two stay two stray bermuatan literasi sains di SMPN 25 Padang. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan The static group comparison design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 25 Padang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive sampling, di nilai hasil perbandingan belajar dua kelas yaitu pada kelas VII.4 sebagai kelas ekperimen digunakan model pembelajaran two stay two stray bermuatan literasi sains, sedangkan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian kompetensi pengetahuan peserta didik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,12 sedangkan kelas kontrol 70,25, pada kompetensi sikap nilai rata-rata untuk kelas eksperimen81%, untuk kelas kontrol 72%, dan pada kompetensi keterampilan nilai rata-rata peserta didik 80,31 untuk kelas eksperimen dan 75,31untuk kelas kontrol sehingga kesimpulan yang didapatkan penelitian bahwa pengaruh model pembelajaran two stay two stray bermuatan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik di SMP Negeri 25 Padang. Kata kunci: Two stay two stray, Literasi sains, Kompetensi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:10
Last Modified: 12 Mar 2020 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25953

Actions (login required)

View Item View Item