Kesadaran Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan Sungai Batang Arau (Studi Pada Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan)

Wijaya, Yulia Fitri (2019) Kesadaran Masyarakat terhadap Kebersihan Lingkungan Sungai Batang Arau (Studi Pada Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YULIA_FITRI_WIJAYA_14052023_4976_2019.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kondisi kebersihan lingkungan sungai batang arau di kelurahan batang arau kecamatan padang selatan, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sungai batang arau, upaya pemerintah kelurahan batanga arau dalam meningkatkan kebersihan lingkunan sungai batang arau kecamatan padang selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian ditentukan secara purpose sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan ( observasi), dan studi dokumentasi dan selanjutnya dilakukan teknik analisa uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan: 1) kondisi kebersihan lingkungan sungai batang arau dilihat dari: (a) kondisi kebersihan trotoar pinggir sungai, (b) kebersihan tempat pedagang pinggir sungai, (c) keberadaan bangkai kapal yang membuat sampah mengendap. 2) kesadaran masyarakat kelurahan batang arau dalam menjaga kebersihan lingungan sungai batang arau: (a) pengetahuan masyarakat berupa :sosialisasi dari kelurahan batang arau, (b) sikap: kurang memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan sungai, ( c) tindakan: sebagian memiliki kesadaran dengan mengikuti kegiatan bersih-bersih daerah aliran sungai dan mengikuti kegiatan gotong royong yang diadakan setiap minggunya, sebagian yang lain tidak peduli dengan kebersihan lingkungan mereka karena masih membang sampah di pinggir sungai batang arau. 3) upaya pemerintah kelurahan batang arau dalam meningkatkan kebersihan lingkungan sungai: (a) koordinasi dan kerjasama dengan dinas terkait, (b) melakukan pelaksanaa kegiatan, ( c) melakukan pengawasan dan pemantauan, ( d) memberikan sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2020 07:24
Last Modified: 11 Mar 2020 07:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item