Dampak Limbah lndustri PTP Nusantara VI terhadap Kualitas Air Sungai Batang Tareh di Kejorongan Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Ratnasari, Devi (2019) Dampak Limbah lndustri PTP Nusantara VI terhadap Kualitas Air Sungai Batang Tareh di Kejorongan Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DEVI_RATNASARI_15045003_5291_2019.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air sungai Batang Tareh dilihat dari parameter fisik (Bau, Warna, dan Rasa), parameter kimia (pH, BOD5, COD, Nitrat, dan Phosfat), dan parameter mikrobiologi (Fecal Coliform dan Total Coliform) di Kejorongan Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kejorongan Sariak, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat. Pengolahan data dilakukan dengan membaca hasil pemeriksaan laboratorium dari sampel air Sungai Batang Tareh, di laboratorium Kabupaten Agam Lubuk Basung, kemudian membandingkan dengan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 5 Tahun 2008 kelas II serta menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dampak limbah industri PTP. Nusantara VI terhadap kualitas air Sungai Batang Tareh di Kejorongan Sariak Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat dapat dilihat dari parameter fisik, kimia, dan mikrobiologi. Jika dilihat dari parameter fisik menunjukan bahwa air Sungai Batang Tareh telah tercemar yang disebabkan karena adanya bau busuk atau amis, warna air sungai coklat agak kehitamĀ­ hitaman, serta rasa air sungai sedikit asam. Namun jika dilihat dari parameter kimia (pH, BOD5, COD, Phosfat dan Nitrat) seperti BOD5, COD, dan Phosfat belum memenuhi syarat karena melebihi dari baku mutu yang telah ditetapkan, sedangkan untuk pH dan Nitrat sudah memenuhi syarat karena kurang dari baku mutu yang telah ditetapkan. Selanjutnya jika dilihat dari parameter mikrobiologi (Fecal Coliform dan Total Coliform) jauh melebihi baku mutu yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Mar 2020 06:54
Last Modified: 11 Mar 2020 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25920

Actions (login required)

View Item View Item