Efektivitas Media Flip Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Cara Berwudhu' anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research kelas VI di SLB YPPLB Padang)

Dari, Suci Wulan (2019) Efektivitas Media Flip Chart dalam Meningkatkan Kemampuan Tata Cara Berwudhu' anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research kelas VI di SLB YPPLB Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUCI_WULAN_ DARI_15003183_5022_2019.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimulai dari adanya masalah yang ditemukaan di SLB YPPLB Padang, dimana seorang anak tunagrahita ringan belum mengetahui tata cara berwudhu' yang benar, hal ini terlihat ketika peneliti melakukan pengamatan pada saat anak mengambil wudhu' sebelum melakukan sholat dzuhur berjamaah yang merupakan kegiatan rutin di sekolah. Ketika mengambil wudhu' anak hanya melakukan dengan asal-asalan tidak sesuai dengan tata cara berwudhu' yang benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen Single Subject Research (SSR), dengan deasin A-B-A. Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak bisa melakukan tata cara berwudhu' yang benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam tata cara berwudhu'meningkat, dapat dilihat dari kondisi baseline (Al) yang dilakukan empat kali pengamatan persentase rata-rata kemampuan anak masih rendah yaitu 11 %, 22%, 22%, 22%, karena data stabil pada pengamatan kedua sampai keempat, maka peneliti melanjutkan pada kondisi intervensi (B), yang dilakukan tujuh kali pengamatan. Persentase yang diperoleh anak meningkat dari kondisi awal yaitu 33%, 56%, 78%. 67%. 78%. 78%, 78%, karena data stabil pada pengamatan kelima sampai tujuh, maka dilanjtukan pada kondisi (A2) yang dilakukan empat kali pengamatan, diperoleh persentase kemampuan yang sama dari hari pertama sampai keempat yaitu 78%, karena data pada kondisi ini stabil, maka peneliti memberhentikan pengamatan. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa , media flip chart dapat meningkatkan kemampuan tata cara berwudhu' anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 11 Mar 2020 03:05
Last Modified: 11 Mar 2020 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25897

Actions (login required)

View Item View Item