Pengembangan Modul Perhitungan Pada Rumus Kimia Dan Persamaan Reaksi Berbasis lnkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X SMA.

Sari, Mira Permata (2019) Pengembangan Modul Perhitungan Pada Rumus Kimia Dan Persamaan Reaksi Berbasis lnkuiri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_MIRA_PERMATA_SARI_15035033_2934_2019.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

Materi rumus kimia dan persamaan reaksi adalah materi pembelajaran untuk kelas X SMA semester 2. Materi ini cukup sulit dipahami oleh siswa, karena banyak terdapat simbol-simbol kimia. Untuk memahami materi ini diperlukan pembelajaran yang menekankan pada tiga level representasi kimia, dan model pembelajaran yang menuntun siswa dalam menemukan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan modul rumus kimia dan persamaan reaksi berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada tiga level representasi kimia dan menguji validitas dan praktikalitas modul yang dikembangkan. Modul rumus kimia dan persamaan reaksi dengan tiga level representasi berbasis inkuiri terstruktur telah ditentukan validitas dan kepraktisannya. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan, yaitu uji validitas dan kepraktisan. Instrumen penelitian menggunakan angket observasi, validasi dan prakatikalitas. Modul ini divalidasi oleh 5 validator. Uji kepraktisan dilakukan oleh 2 guru kimia dan 24 siswa kelas XI IPA 2 SMAN Basa Ampek Balai. Data uji validitas dan kepraktisan dianalisis menggunakan rumus cohen kappa. Rata- rata moment kappa uji validitas adalah 0,93 dengan kategori sangat tinggi. Rata-rata moment kappa dari kepraktisan guru dan siswa masing-masing 0,88 dan 0,91 dengan kategori kepraktisan sangat tinggi. Demikian, modul perhitungan rumus kimia dan persamaan reaksi dengan penekanan pada tiga level representasi berbasis inkuir terstruktur valid dan praktis. Kata kunci : Modul berbasis inkuiri terstruktur, Tiga level representasi, Rumus kimia dan persamaan reaksi, Model 4-D

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:05
Last Modified: 11 Mar 2020 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25885

Actions (login required)

View Item View Item