Pengembangan Modul Penataan Sanggul Tradisional Discovery Learning untuk Siswa Kelas XI SMK

Lubis, Siti Fauziah (2019) Pengembangan Modul Penataan Sanggul Tradisional Discovery Learning untuk Siswa Kelas XI SMK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_SITI_FAUZIAH_LUBIS_17138086_6118_2019.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran penataan sanggul tradisional masih belum memuaskan, siswa kurang inisiatif untuk mencari informasi mengenai penataan sanggul tradisional untuk menunjang pembelajaran, siswa kurang memahami materi dasar penataan sanggul tradisional, siswa kurang terampil dalam teknik pembuatan sanggul dan terbatasnya waktu dan sumber belajar selama kegiatan pembelajaran dalam penyampaian materi penataan sanggul tradisional. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul cetak pembelajaran untuk mata pelajaran penataan sanggul tradisional dengan model Discovery Learning dan menentukan tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas modul pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D), dan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Plomp. Model ini terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) Preliminary Research (2) prototyping phase dan (3) assesment stage. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada validator, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada aspek kognitif adalah uji t komparatif, sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor dianalisis menggunakan Gain Score. Hasil yang diperoleh dari validator untuk validitas untuk komponen isi 0,95, komponen konstruk 0,99, komponen bahasa 0,89, komponen desain grafis 0,90, rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu 0,93 dengan kategori valid sangat tinggi. Hasil praktikalitas oleh siswa pada kelompok kecil diperoleh tinggi (k=0,80). Hasil praktikalitas oleh siswa pada kelompok besar diperoleh tinggi (k=0,79), sedangkan tingkat praktikalitas oleh guru diperoleh sangat tinggi (k=0,90). Efektifitas hasil belajar aspek kognitif diperoleh melalui uji T dengan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000. Efektifitas aspek afektif dan psikomotor di analisis menggunakan uji Gain Score. Pada aspek afektif diperoleh nilai 0,430 yang berada pada kategori sedang, aspek psikomotorik diperoleh yaitu 0,825 yang berada pada kategori tinggi. Sehingga disimpulkan bahwa modul penataan sanggul tradisional Discovery Learning dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:05
Last Modified: 11 Mar 2020 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25881

Actions (login required)

View Item View Item