Pengaruh Latihan Fisik dan Pemberian Vitamin E terhadap Kapasitas Vital Paru Pemain Futsal IMR-P

Febriyanti, Mesa (2019) Pengaruh Latihan Fisik dan Pemberian Vitamin E terhadap Kapasitas Vital Paru Pemain Futsal IMR-P. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MESA_FEBRIYANTI_15089041_176_2019.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya daya tahan aerobik yang mengakibatkan kapasitas vital paru menurun sehingga cepat mengalami kelelahan dan aktivitas latihan fisik yang dilakukan secara tidak terprogram menyebabkan peningkatan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh katihan fisik dan pemberian vitamin E terhadap kapasitas vital paru. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan disain penelitian pree-test post-test with control grup. Subyek penelitian berjumlah 10 orang pemain futsal IMR-P. Subyek di beri latihan fisik selama 16 kali pertemuan dan diberi vitamin E 100 IU. Nilai kapasitas vital paru diambil sesudah dan sebelum perlakuan dengan menggunakan spirometer. Hasil penelitian didapat bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Latihan fisik terhadap kapasitas vital paru (thitung 6,147 > ttabel 2,132). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan fisik dengan vitamin E terhadap kapasitas vital paru (thitung 7,628 > ttabel 2,132). 3) Tidak terdapat perbedaan yang sgnifikan pengaruh latihan fisik dengan latihan fisik mengkonsumsi vitamin E terhadap kapasitas vital paru (thitung 0,718> ttabel 2,132). Kata Kunci : Latihan Fisik, Vitamin E, Kapasitas Vital Paru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Mar 2020 02:05
Last Modified: 11 Mar 2020 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25877

Actions (login required)

View Item View Item