Pemanfaatan Museum Adityawarman sebagai Salah Satu Sumber Belajar Sejarah bagi Siswa SMA Don Bosco Padang

Mursi, Avi Dwi (2019) Pemanfaatan Museum Adityawarman sebagai Salah Satu Sumber Belajar Sejarah bagi Siswa SMA Don Bosco Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_AVI_DWI_MURSI_1201735_4962_2019.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Museum merupakan sebuah institusi yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat, terbuka untuk umum, dan menghubungkan serta memamerkan benda-benda peninggalan sejarah untuk tujuan studi, penelitian, dan rekreasi. Museum dapat dikatakan sebagai alat komunikasi kebudayaan suatu daerah, karena setelah melihat koleksi-koleksi yang ada di museum kita bisa mengetahui hasil-hasil dari kebudayaan yang ada di suatu daerah tersebut. Sedangkan sumber belajar adalah segala benda, orang atau lingkungan yang dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memperj elas pemahaman siswa dalam kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu museum termasuk kedalam sumber belajar yang dimanfaatkan. Hal ini disebabkan karena di dalam museum terdapat berbagai sumber yang berfungsi untuk menjelaskan suatu objek kajian yang berguna untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif bisa dilakukan dengan cara mengamati langsung gejala sosial yang diteliti, sehingga penulis dapat menggambarkan situasi sebenamya guna mendukung dan memperkuat data kualitatif yang diperoleh melalui melalui observasi dan wawancara. Berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis di Museum Adityawarman, penulis ingin melihat bagaimana Museum Adityawarman ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah oleh siswa dan guru sejarah yang dilaksanakan di SMA Don Bosco Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Museum Adityawarman dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber belajar sejarah, karena koleki-koleksi yang ada di museum sesuai dengan materi yang terdapat pada K.D 3 .4 yang berbunyi memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat pra-aksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan terdekat. Contoh koleksi museum yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa pada K.D 3 .4 seperti fosil manusia purba, berbagai macam jenis kapak, beliung persegi, menhir, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:15
Last Modified: 10 Mar 2020 08:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item