Pengaruh Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 13 Padang pada Materi Momentum, Impuls, dan Getaran Harmonis Sederhana.

Arifaldi, Arifaldi (2019) Pengaruh Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle Berbantuan PhET Simulation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 13 Padang pada Materi Momentum, Impuls, dan Getaran Harmonis Sederhana. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARIFALDI_4033075_3076_2019.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih menggunakan model dan metode yang konvensional sehingga peserta didik tidak berperan aktif. Hal ini berdampak negatif pada hasil belajar peserta didik dan belum tercapainya tujuan dari kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran inkuiri berbasis pictorial ridlle diharapkan mampu melatih peserta didik mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengkomunikasikan, dengan itu akan meningkatnya hasil bejalar peserta didik tersebut. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental Designs. Bentuk rancangan penelitian yang akan digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 6 SMAN 13 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Cluster Random Sampling. Data pada penelitian ini dianilisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis penentuan besar pengaruh variabel bebas untuk aspek kompetensi pengetahuan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata­ rata pengetahuan pada post - test adalah 78,6 lebih tinggi dibandingkan pre - test yaitu 31, 1. Hasil hipotesis diperoleh hasil pelajaran memiliki t hitung > t tabeJ, dengan perbedaan kemampuan peserta didik yang signifikan pada taraf signifikan 0,05. Ini menunjukan penggunaan model inkuiri berbasis Pictorial Riddle berbantuan PhET Simulation pada materi momentum, impuls, dan Getaran Harmonis Sederhana terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 13 Padang mampu memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Keywords: inkuiri, pictorial riddle, phet simulation, hasil be/ajar, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:28
Last Modified: 10 Mar 2020 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25866

Actions (login required)

View Item View Item