Efektivitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis bagi Anak Tunarungu Kelas X di SLBN 1 Lubuk Basung

Amda, Nofdi Rahmat (2019) Efektivitas Video Tutorial untuk Meningkatkan Keterampilan Desain Grafis bagi Anak Tunarungu Kelas X di SLBN 1 Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NOFDI_RAHMAT_AMDA_15003132_5097_2019.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah yang ditemukan di SLB N 1 Lubuk Basung, di sekolah tersebut pelajaran desain grafis kurang berjalan dengan baik karena tidak adanya tenaga pendidik yang menguasai bidang tersebut sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan anak dalam keterampilan desain grafis seperti pada anak tunarungu di kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan desain grafis melalui video tutorial bagi anak tunarungu yang bemama Dani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR), dengan desain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan visual grafik. Pengumpulan data dilakukan dengan pencatatan kejadian melalui instrumen penilaian dengan teknik observasi langsung dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan, kemampuan Dani dalam keterampilan desain grafis dengan membuat siluet wajah meningkat. Pada awal kondisi baseline (Al) pengamatan dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan mean level 2,6, pada kondisi intervensi (B) pengamatan dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan dengan mean level 9,1, dan pada kondisi baseline (A2) pengamtan dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan mean level 9,8. Overlap data yang terdapat pada kondisi baseline (Al) dan intervensi adalah 0% dan overlap data pada kondisi baseline (A2) dan intervensi adalah 66,66%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunanaan video tutorial dapat meningkatkan keterampilan desain grafis bagi anak tunarungu dalam membuat siluet wajah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 10 Mar 2020 06:53
Last Modified: 10 Mar 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25853

Actions (login required)

View Item View Item